Minggu, 04 Maret 2012

Permintaan dan Penawaran

Permintaan dan penawaran (supply dan demand) adalah hal yang berhubungan dengan ilmu ekonomi, khususnya model dalam ekonomi mikro. Definisi dari penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Sedangkan definisi dari permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Adapun yang menjadi faktor-faktor permintaan adalah:
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga barang lain yang berkaitan.
  • Tingkat pendapatan.
  • Selera konsumen.
  • Ekspektasi/perkiraan.
Sedangkan yang menjadi faktor-faktor penawaran adalah:
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga sumber produksi.
  • Tingkat produksi.
  • Ekspektasi/perkiraan.
Harga keseimbangan akan menjadi penentu dalam penentuan harga suatu produk, dimana keseimbangan didapat dari pertemuan kesepakatan antara penjual dan pembeli mengenai jumlah barang yang ingin dibelinya. Misalnya dalam penjualan suatu baju, konsumen menawar kepada produsen untuk membeli 500 potong, sedangkan produsen memiliki stock 1000 potong. Disaat terjadi tawar-menawar dan misalkan permintaan konsumen sesuai dengan penawaran produsen kita misalkan 700 potong, maka harga baju tersebut telah seimbang dan disebut Harga keseimbangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar